Kode bank Jatim Beserta Tips Untuk Melakukan Transaksi Transfer Uang Yang Aman

Kode Bank

Seiring berkembangnya zaman, Kegiatan transaksi untuk pengiriman uang menjadi lebih mudah. Ada tidak perlu lagi ke bank, melainkan cukup dengan pergi ke ATM. Bahkan, kegiatan transfer uang juga dapat dilakukan melalui ponsel pintar yang anda miliki. Namun, anda juga harus mengetahui kode bank tujuan, salah satunya kode bank jatim. Yuk intip tips transfer yang aman disini!

Sekilas Mengenai Transaksi Transfer Uang

Transaksi transfer merupakan salah satu kegiatan jasa bank yang bertujuan untuk memindahkan sejumlah uang sesuai dengan keinginan pengguna dan ditujukan kepada seseorang sebagai penerima transfer. Dengan adanya kecanggihan teknologi, kegiatan tersebut menjadi lebih mudah dan praktis. 

Anda tidak perlu lagi antri di teller bank, melainkan dapat dilakukan melalui ATM. Bahkan, anda juga bisa melakukannya dari rumah dengan menggunakan SMS bankin hingga mobile banking. JIka anda melakukan transfer uang dengan tujuan nomor rekening bank yang sama, maka prosesnya akan lebih cepat dan bebas biaya. 

Tetapi, jika anda melakukan transaksi tersebut dengan tujuan bank yang berbeda, maka anda perlu mengetahui kode banknya. Misalnya saja jika ingin melakukan transaksi ke tujuan bank jatim, maka anda harus mengetahui kode bank jatim tersebut. Namun, tak sedikit pula orang yang menyalahgunakan kecanggihan teknologi tersebut untuk berbuat jahat.

Contohnya saja seperti alat skimming yaitu skimmer, barang tersebut merupakan alat pemindai magnetik dengan bantuan kamera pada dudukan slot mesin. Sehingga data calon korban dapat dimiliki oleh penjahat. Maka dari itu, anda perlu mengetahui tips yang aman untuk melakukan transaksi tersebut. 

Deretan Tips Untuk Melakukan Transfer Uang Yang Aman 

1. Selalu Berhati Hati Saat Melakukan Transaksi Di ATM  

Umumnya, penjahat yang ingin membobol rekening adalah dengan mencari tahu nomor PIN/OTP yang dimiliki nasabah. Oleh karena itu, saat melakukan transaksi di sebuah ATM anda harus berhati hati. Jangan sampai terdapat mesin skimmer yang tersembunyi pada mesin ATM tersebut. Pastikan juga orang yang berada di sekitarmu tidak mencurigakan. 

2. Jaga Kerahasiaan Nomor PIN dan OTP

Tips untuk melakukan transaksi dengan aman selanjutnya adalah menjaga kerahasiaan PIN/OTP. Biasanya pelaku kejahatan saat ingin membobol akun yakni akan mengincar PIN/OTP. Maka dari itu, nomor yang satu ini jangan diberitahukan ke siapapun, termasuk ke pegawai bank. Jika anda ingin mentransfer uang ke rekening bank jatim, kode bank jatim adalah 114.

3. Ganti Password

Ada baiknya juga jika anda mengganti password secara berkala, baik itu password ATM maupun mobile banking. Melakukan tips yang satu ini sangatlah penting karena dengan begitu, akun anda dapat terhindar dari yang namanya peretasan. Akan tetapi seusai mengganti passwordnya, pastikan untuk mengingatnya. 

4. Hindari Wifi Publik

Tips selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan wifi publik saat melakukan transaksi transfer menggunakan mobile banking. Karena dengan menggunakan wifi umum resiko terjadinya kejahatan akan semakin besar. Oleh karena itu saat melakukan transaksi online, pastikan untuk menggunakan data seluler atau wifi private untuk menjaga keamanan data. 

5. Aktifkan Notifikasi 

Mengaktifkan notifikasi untuk setiap transaksi melalui email/SMS juga sangat perlu untuk dilakukan. Karena dengan adanya notifikasi tersebut anda dapat memantau dan mengetahui setiap transaksi yang dilakukan. Jika ada notif yang mencurigakan anda bisa melaporkannya. 114 merupakan kode bank jatim yang bisa anda masukkan saat ingin melakukan transaksi antar bank.

Itulah deretan tips yang dapat anda lakukan saat melakukan transaksi pengiriman uang. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat anda jadikan referensi saat ingin melakukan transaksi yang aman. Dengan begitu, anda dapat terhindar dari berbagai aksi kejahatan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab. 

 

Previous
Next Post »