Mengapa Tambal Gigi Diperlukan? Temukan Jawabannya di Sini!

Tambal Gigi


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki gigi yang rusak, salah satunya dengan tambal gigi. Penambalan gigi termasuk prosedur medis yang sering digunakan untuk mengatasi gigi berlubang atau patah. Dengan melakukan penambalan, gigi yang awalnya bermasalah dapat berfungsi dengan baik dan bisa digunakan untuk aktivitas.


Mengapa Penambalan Gigi Diperlukan?

Prosedur penambalan gigi diperlukan untuk mengatasi beberapa masalah gigi. Kondisi gigi yang memerlukan prosedur ini adalah gigi yang patah atau rusak, perbaikan enamel gigi, pemerataan permukaan gigi, dan meningkatkan fungsi rahang untuk mengunyah. Jika anda memiliki gigi yang berlubang, dokter akan merekomendasikan prosedur penambalan gigi.

Sebab, gigi yang berlubang memiliki potensi besar ditumbuhi kuman dan bakteri karena banyak sisa makanan yang menyangkut. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, tentu saja akan membuat gigi semakin rusak dan bisa membahayakan kesehatan mulut. Akan tetapi, tidak semua kondisi gigi berlubang bisa ditangani dengan prosedur ini.

Secara umum, tambalan pada gigi dapat bertahan hingga 15 tahun lamanya. Namun, rentang waktu ini juga bisa berubah menjadi lebih singkat, tergantung jenis bahan yang digunakan dan gaya hidup dari pasien. Dengan tindakan medis penambalan gigi, gigi yang tadinya rusak dan bermasalah dapat diperbaiki.


Bahan yang Digunakan Untuk Menambal Gigi

Dalam melakukan prosedur penambalan gigi, dokter bisa menggunakan beberapa bahan, yaitu emas, amalgam, komposit sesuai warna gigi, dan bahan lainnya. Emas memiliki kelebihan tahan lama hingga 15 tahun, kuat, dan lebih indah dipandang bagi sebagian orang. Namun, kekurangannya adalah lebih mahal, mudah berubah warna dan bisa memicu rasa sakit.

Sementara itu, amalgam adalah bahan yang terbuat dari perak, dapat bertahan hingga 15 tahun, kuat, dan tidak terlalu mahal. Kekurangannya adalah mudah berubah warna, mudah retak jika terkena makanan yang panas atau dingin, dan dapat memicu reaksi alergi bagi beberapa orang. Komposit sesuai warna gigi adalah bahan untuk tambal gigi yang paling indah.

Sebab, gigi anda akan terlihat natural tanpa tambalan. Namun, bahan ini kurang tahan lama karena rata-rata hanya bertahan selama 5 tahun, pemasangannya lebih lama, dan harganya lebih mahal. Pemilihan bahan ini biasanya direkomendasikan oleh dokter berdasarkan lokasi lubang gigi, riwayat kesehatan, finansial, kebutuhan estetika, dan referensi pribadi dari pasien.


Prosedur Penambalan Gigi

Pertama-tama, dokter akan memeriksa bahwa tidak terdapat infeksi di gigi dan akarnya. Selanjutnya, dokter akan memotong bagian gigi yang rusak dengan cara manual atau menggunakan laser, kemudian akan dioleskan gel asam untuk membersihkan gigi dan membunuh bakteri atau kotoran. Setelah itu, dokter akan menempelkan perekat tambalan.

Langkah selanjutnya, dokter akan menempelkan bahan untuk menambal gigi dan membentuknya sesuai dengan anatomi gigi. Pasien juga akan diminta untuk tes gigi guna memastikan kenyaman dari gigi dan tidak terasa mengganjal. Jika sudah pas, bahan tambalan gigi akan dikeraskan menggunakan lampu khusus.

Untuk ukuran standar, tindakan medis ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Namun, untuk lubang yang besar akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Setelah prosedur penambalan gigi selesai dilakukan, gigi anda akan tampak lebih baik dan bisa berfungsi dengan maksimal.


Memiliki gigi yang sehat adalah impian semua orang. Namun, tidak dapat dipungkiri jika pasti ada gangguan yang menyerang gigi, sehingga membutuhkan proses perbaikan. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan gigi dan mulut supaya terhindar dari resiko penyakit yang membuat anda merasa kesakitan dan tidak nyaman.


Previous
Next Post »